Sesjen Wantannas mengikuti Rapat Paripurna DPR RI
26 August 2020
Sesjen Wantannas mengikuti Rapat Paripurna DPR RI

Jakarta, 25 Agustus 2020 bertempat di situation room Lantai 5B Setjen Wantannas, Sesjen Wantannas menghadiri undangan Rapat Paripurna DPR RI dengan agenda penyampaian pemandangan umum Fraksi-Fraksi atas RUU APBN 2021 beserta Nota Keuangannya yang dilaksanakan melalui video conference. Sesjen Wantannas didampingi oleh Kuasa Pengguna Anggaran, Kepala Biro POK, Kepala Biro PSP, Kepala Biro Umum, dan Kepala Bagian Perencanaan. 

Kegiatan ini menyambung pidato Presiden Republik Indonesia Joko Widodo  di depan sidang paripurna DPR dan DPD RI pada tanggal 14 Agustus 2020. Salah satu materi pidato tersebut adalah pengajuan RUU tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2021 beserta Nota Keuangan dan dokumen pendukungnya untuk dibahas bersama antara Pemerintah dan DPR RI. 

acara dibuka dengan pemaparan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang memaparkan, realisasi asumsi makro ekonomi yang tidak sesuai dengan target pada APBN Tahun Anggaran 2019, karena dipengaruhi tekanan yang sangat berat. Seperti faktor eksternal misalnya, kondisi perekonomian  dunia pada tahun 2019 yang hanya mampu tumbuh sebesar 2,9 persen atau terendah sejak 2008-2009. Ditambah, adanya faktor ketidakpastian kondisi perekonomian dunia yang dipicu oleh perang dagang antara Amerika Serikat-Tiongkok dan arah sejumlah kebijakan bank sentral dunia.

Selain pertumbuhan ekonomi, Menkeu Sri Mulyani juga memberikan pandangan terhadap berbagai komponen terkait diantaranya realisasi harga minyak dunia dan realisasi lifting minyak, tanggapan mengenai keseimbangan primer yang negatif, Rencana Pemerintah Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yang belum tercapai, keseimbangan harga pangan dan tingkat kesejahteraan petani, upaya peningkatan penerimaan pajak dan penerimaan negara bukan pajak (PNBP), kualitas belanja pemerintah, transfer ke daerah dan dana desa (TKDD), pengelolaan defisit dan hutang, pengelolaan barang milik negara dan sisa lebih pembiayaan anggaran (Silpa).

Pada kesempatan Rapat Paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin tersebut, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Fraksi-Fraksi DPR RI yang telah memberikan tanggapan terhadap pengelolaan keuangan negara.

Selanjutnya Fraksi-Fraksi di DPR RI menyampaikan pemandangan umum atas RUU tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2021 beserta Nota Keuangannya di depan Sidang Paripurna DPR RI pada tanggal 25 Agustus 2020. Setelah itu Pemerintah akan memberikan tanggapan atas pemandangan umum Fraksi tersebut di depan sidang paripurna DPR RI yang dijadwalkan pada tanggal 1 September 2020.