Rapat Dengar Pendapat Dengan Komisi I DPR RI (18 November 2019)
26 November 2019
Rapat Dengar Pendapat Dengan Komisi I DPR RI (18 November 2019)

Jakarta, 18 November 2019, Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Sesjen Wantannas) beserta jajarannya menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR di Gedung Nusantara II Paripurna DPR RI Lantai 1, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (18/11/2019). Rapat dengar Pendapat kali ini dipimpin oleh H. Bambang Kristiono, S.E. dan diikuti beberapa anggota dari anggota DPR lainnya. sebelum memulai Rapat Dengar Pendapat tersebut, masing-masing Anggota Komisi I DPR RI dan Sesjen Wantannas beserta jajarannya melakukan perkenalan, karena pada RDP kali ini Komisi I DPR RI sudah diisi oleh Anggota-anggota periode terbaru.

RDP kali ini membahas tentang Rencana Kerja Wantannas Tahun 2020 beserta anggarannya dan Isu-Isu Aktual, sebelum memasuki inti pembahasan dalam paparan Sesjen Wantannas Laksda TNI Achmad Djamaludin menyampaikan Tugas dan Fungsi Wantannas serta Kegiatan yang selama ini Wantannas lakukan dan diteruskan dengan beberapa point sebagai berikut :

  1. Hasil realisasi sementara Tahun anggaran berjalan 2019;
  2. Laporan Pagu Anggaran TA 2020 Per Jenis Belanja;
  3. Laporan Pagu Anggaran TA 2020 Per Jenis Program;
  4. Target Kinerja TA 2020
  5. Laporan Pagu Anggaran TA 2020 Per Jenis Kegiatan;
  6. Paparan Kendala, Dampak yang selama ini dialami Wantannas beserta Solusinya.
  7. Paparan usulan tambahan anggaran TA 2020.
  8. Isu Isu Aktual yang ada dalam pantauan Wantannas, yang salah satunya adalah pembentukan Dewan Keamanan Nasional.

Dalam RDP Komisi I DPR RI telah membuat kesimpulan tentang dukungan dalam pengingkatan anggaran Wantannas untuk peningkatan kinerja Wantannas. untuk usulan tambahan anggaran penyesuain yang diajukan oleh Wantannas TA 2020, Komisi I DPR RI meminta Wantannas untuk berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan agar diproses sesuai mekanisme dan peraturan yang berlaku. Komisi I mendesak Wantannas untuk mengoptimalkan koordinasi dengan Lemhannas Ri dalam melakukan penkajian strategis masalah aktual terakit ketahanan nasional. Komisi I meminta Wantannas untuk mengintensifkan komunikasi dan koordinasi dengan Ketua Wantannas

Rapat dengar pendapat ini diakhiri dengan bersalaman antara anggota Komisi I DPR RI dan Sesjen Wantannas beserta jajarannya. (rns)