Penyampaian Program Kerja dan Anggaran TA. 2019 Dalam Rapat Dengar Pendapat dengan DPR RI
17 September 2018
Penyampaian Program Kerja dan Anggaran TA. 2019 Dalam Rapat Dengar Pendapat dengan DPR RI

Jakarta - Kamis, 13 September 2018 Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional dan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional menghadiri undangan Rapat Dengar Pendapat dengan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. Tema yang dibahas mengenai Rencana Kinerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga Tahun Anggaran 2019. Rapat dengar pendapat kali ini dipimpin oleh ketua komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari yang didampingi oleh Wakil Ketua Asril Hamzah Tanjung, SIP. Sedangkan untuk anggota komisi I lainnya yang hadir diantaranya Dr. Effendi MS Simbolon,  Charles Honoris,  Dave Akbarsyah Fikarno,  Dr. Jerry Sambuaga, Prof Dr Bachtiar Aly Mohamad Arief suditomo. 

Rapat diawali dengan paparan dari Gubernur Lemhannas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo dan dilanjutkan paparan dari Sesjen Wantannas Letjen TNI Doni Monardo. Dalam paparannya, Sesjen Wantannas menyampaikan rencana Kerja dan anggaran tahun 2019. Selain kegiatan rutin, sesjen juga merencanakan beberapa kegiatan lain yang akan dilaksanakan yakni program pembentukan patriot bangsa secara terpusat, sarasehan nasional untuk membangun Indonesia secara utuh, berdaulat dan bermartabat, serta kegiatan berdasarkan spektrum ancaman faktual maupun potensial dalam rangka pembinaan ketahanan. Dalam kesempatan ini, Sesjen juga menyampaikan beberapa kegiatan yang telah dan sedang dilaksanakan oleh Setjen Wantannas diantaranya Sarasehan Nasional Belajar Konflik dan damai dari maluku dan Maluku Utara,  fasilitator proses permohonan grasi narapidana makar eks RMS, fasilitator Penyelesaian di pulau jemaja Anambas,  Fasilitator pengotimalan pengembangan potensi daerah Baik Potensi Pariwisata, Perikanan, Kehutanan, Dan pertanian di Kupang, Rote, dan Alor Nusa Tenggara Timur.  Fasilitator pembuatan pos lintas batas negara serta Fasilitator Revitalisasi DAS dan Reforestasi.

Kesimpulan yang dihasilkan dalam Rapat Dengar Pendapat kali ini adalah :

Komisi I DPR RI telah menerima penjelasan Gubernur Lemhannas dan Sesjen Wantannas terkait pagu anggaran RKA-KL Lemhannas dan Wantannas TA. 2019 dengan Rincian :

Anggaran Lemhannas Rp. 201.379.786.000,-

Anggaran Wantannas Rp. 42.830.440.000,-

Selanjutnya komisi I DPR akan menyampaikannya kepada Badan Anggaran DPR RI untuk ditindak lanjuti sesuia dengan mekanisme pembahasan anggaran yang ditetapkan oleh Badan Anggaran DPR RI

Komisi I DPR RI dapat menerima penjelasan Gubernur Lemhannas dan Sesjen Wantannas yang berkaitan dengan urgensi atau hal-hal penting yang menyangkut peningkatan kebutuhan anggran Lemhannas dan Wantannas TA. 2019 sesuai usulan kebutuhan tambahan anggaran sebesar :

Usuran tambahan anggaran Lemhannas Rp. 179.312.2929.000,-

Usulan tambahan anggaran Wantannas Rp. 50.539.582.657,-

Usukan tersebut selanjutnya akan disampaikan kepada Badan Angaran DPR RI untuk ditindak lanjuti sesusai mekanisme pembahasan Anggaran yang ditetapkan oleh Badan Anggran DPR RI